Kamis, 24 September 2009

Ayam Jadi-Jadian

Hati-hati . . . . banyak ayam jadi-jadian di pasar. . . .
Ayam tiren (mati kemarin) merupakan bangkai ayam yang disembelih dan dijual di pasar. Ciri-ciri ayam tiren adalah aromanya yang agak amis, dagingnya terlihat agak kebiruan. Bagian daging yang berwarna biru terlihat di bagian bawah dan lipatan tubuh. Menandakan bahwa darah yang ada dalam tubuh ayam tidak keluar dan membeku karena memang ayam tidak disembelih. Selain itu, sering terlihat bercak atau gumpalan darah pada bagian kepala dan leher ayam dan bahkan bercak ini tetap terlihat ketika daging ayam tiren sudah dimasak.
Selain ayam tiren, , yang harus diwaspadai adalah ayam yang telah ditambah formalin. Ayam berformalin terlihat berwarna putih cerah. Jangan sampai tertipu, , putih disini akibat ditambahkan formalin, , bukan putih bersih karena dicuci sampai bersih. . . Untuk mengenali ayam berformalin dapat dilakukan dengan cara mencium aroma daging ayam, biasanya ayam berformalin berbau langu. Cara lain adalah dengan melihat dagangan pedagang lain. Biasanya ayam yang disajikan banyak dikerubungi lalat, ayam yang tidak dikerubungi lalat menandakan bahwa ayam tersebut diberi formalin.
Satu lagi kecurangan yang dilakukan oleh pedagang ayam adalah dengan cara suntik, atau dikenal dengan nama ayam suntik. Ayam suntik merupakan ayam yang telah disuntik angin dengan menggunakan spuit. Spuit ditancapkan dibawah kulit daging ayam yang sudah dipotong. Cara mengetahuinya cukup mudah, tekan daging dan apabila daging mengempis, maka pedagang telah melakukan kecurangan tersebut. Selain suntik angin, ayam juga disuntik dengan menambahkan air. Layaknya sapi gelonggongan tetapi penyuntikan air dilakukan setelah ayam disembelih. Untuk mengetahui kecurangan ini, cukup tekan daging dan apabila keluar air maka daging tersebut telah disuntik air. . . .
Sekali lagi, , hati-hati dalam memilih produk peternakan yang ada di pasar. . . .
BANGUN PETERNAKAN KITA. . . . . . ! ! ! ! !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar